Jumat, 14 September 2012

Parangendog, Pantai dengan bukit karangnya


Pantai ini berada tidak jauh dari pantai Parangtritis, pantai ini merupakan pantai yang berada diujung dari de retan pantai di Kabupaten Bantul yakni berada disisi timur pantai parangtritis. Dinamai parangendog menurut cerita beberapa waktu yang lalu ditempat ini banyak ditemukan batu dengan bentuk menyerupai seperti telur atau endog dalam bahasa jawa.


Dan karena banyaknya batu karang yang menjorok kelaut yang orang sekitar menyebutnya parang, maka jadilah sebuah nama menjadi parangendog.

Pantai parangendog berbeda dengan pantai pantai yang lain yang ada di Kabupaten Bantul tersebut. Hanya pantai Parangendog yang dihiasi dengan batu karang yang menjulang tinggi dan merapat ke laut. Bukit karang tersebut merupakan bagian dari pegunungan seribu yang membentang di utara pantai.
Pemandangan yang kita dapatkan jika kita bisa berada diatas bukit karang tersebut sangatlah indah karena dapat melihat pantai secara keseluruhan. Secara umum keberadaan pantai ini sangat bagus, hanya keberadaannya kalah tenar dengan nama parangtritis sehingga nama pantai ini lepas dari pengamatan kita dan tidak banyak orang yang mencari keberadaannya.
Satu hal yang paling unik dan menarik dari kawasan ini berupa pemandangan sawah yang ada didekat pantai tersebut. Tentunya anda akan bertanya tanya apakah tanah berpasir tersebut dapat ditumbuhi tanaman pertanian , hal yang sulit dibayangkan. Namun berkat keuletan dan kerja keras para petani di area ini diubah menjadi satu persawahan yang dapat menghasilkan padi dan juga bawang merah. Sebagai pengairan untuk persawahan mereka mempergunakan air tawar yang senantiasa ada dan mengalir dari celah celah bukit disekitar lokasi.
Untuk mengujungi Pantai parangendog ini anda harus melewati pintu masuk pantai parangtritis dengan membayar di loket retribusi kurang lebih Rp. 5.000,-

How to get there :
  1. Dengan angkutan umum dari Yogyakarta jurusan pantai parangtritis
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Tempat terdekat :
  1. Pantai Parangkusumo, Lokasi yang digunakan sebagai upacara labuhan Keraton YogyakatraMakam Syekh Bela belu, Wisata ziarah Makam putra brawijaya V
  2. Makam Syekh Maulana Mahribi, wisata ziarah yang dinamai pula Sunan Gresik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar