Rabu, 26 September 2012

Candi Abang, Candi mirip bukit teletubies

candi Abang
Candi ini terletak di dusun Candibang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tempat ini tidak terlalu jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong Serta Candi Ratu Boko. Candi ini berbentuk mirip piramid, yang terbuat dari batu bata merah bukan dari batu pada umumnya candi yang ada. Karena terbuat dari bata merah ini maka candi ini di namakan candi abang, abang merupakan bahasa jawa yang berarti warna merah. Lokasi candi ini cukup tinggi diatas bukit.


Candi Abang ini berukuran 36 m x 34 meter dan kondisi saat ini sudah tidak nampak bentuk candi tersebut karena sudah banyak tertutup rumput hijau. Bahkan saat ini bentuk candi ini hanya berupa gundukan yang mirip rumah pada serial film anak anak teletubies yakni berupa bukit yang hijau.
Kondisi saat ditemukan untuk pertama kalinya terdapat aeca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segidelapan dengan ukuran sisinya 15 cm, hal ini tidak seperti biasanya yang berbentuk segiempat. Sedangkan bagian tengah candi abang ini berupa sumur dan tangga untuk menuruni sumur tersebut yang terbuat dari batu putih / gamping. Selain itu terdapat juga batu andhesit disekeliling candi ini. Kegunaan serta fungsi candi waktu dibuat hingga saat ini belum dapat terungkap secara jelas.
Karena berbentuk sumuran candi abangatau terdapat lubang sumur ditengah bangunan ada beberapa orang beranggapan bahwa tempat tersebut merupakan tempat penyimpanan harta karun pada saat itu. Dan hal ini mengundang beberapa orang yang berusaha beberapa mengali barang barang yang ada di candi abang ini, yakni sekitar tahun 2002. Dari Beberapa temuan pengalian tersebut bisa menjadi dasar tentang keberadaan Candi Abang tersebut dan besar kemungkinan candi abang ini merupakan candi Hindu dan dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuno yakni sekitar abad 9 dan abad 10.
How to get there :
  • Dengan kendaraan umum dari Prambanan jurusan menuju piyungan nanti candi abangturun di desa turun di desa bercak kemudian harus berjalan kaki searah desa Karongan sejauh 1 km, Situs ini berada diatas bukit di utara desa ini.
  • Dengan Kendaraan pribadi, untuk sampai diatas bukit hanya bisa di tempuh dengan sepeda motor namun agak sulit untuk ditempuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar