Sabtu, 15 September 2012

Keripik belut, Andalan kuliner GodeanDaerah Istimewa Yogyakarta, Pusat Oleh-oleh, Sleman, Wisata Kuliner

keripik belut, godeanSelain sebagai sentra genteng terbesar di Sleman, Godean mempunyai makanan yang khas dan unik, yakni berupa makanan namanya keripik belut. Belut binatang yang licin dan mirip dengan ular yang biasa hidup di sawah , rawa kdan lumpur serta sungai yang mempunyai nama ilmiah Synbranchus. Sekilas bagi orang melihat belut hidup untuk memakan kripik belut jadi berpikir dua kali, namun kalau anda sudah mencicipi keripik belut ini anda akan merasakan kerenyahan dan kenikmatananya.
sentra keripik belutKeripik belut di kecamatan Godean sudah ada sejak tahun 1980 dan waktu itu godean belum sebagai sentra pengolahan keripik belut. Lama kelamaan usaha ini berkembang hingga seperti  saat ini tidak terlepas dari campur tangan Dinas Kehutanan dan Pertanian  Kabupaten Sleman. Awalnya bahan baku dari wilayah godean sendiri namun untuk saat ini disamping penjual keripik belut semakin banyak dan lahan persawahan semakin sempit maka bahan baku sering didatangkan dari daerah Klaten, Boyolali dan daerah lainnya. Untuk menagtur dan kelangsungan ekonomi penjualan belut sekitar 50 pedagang yang berada di Pinggir jalan pasar godean membentuk satu paguyuban yang bernama paguyuban Harapan mulya.
Harga keripik belut per kg rata rata Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,-. Sedangkan kebutuhan perbulan untuk memenuhi permintaan pasar masih cukup tinggi yakni berkisar antara 25 sampai dengan 30 ton, dengan perincian 90 % bahan didatangkan dari luar daerah dan 10 % dari godean dan sekitarnya. Keripik belut dipercaya sebagai penambah vitalitas tubuh, dan rasanya yang gurih bisa dikomsumsi oleh semua lapisan umur, mulai dari anak-anak sampai dengan manula. Rasa enak dan kerenyahan keripik belut juga dipengaruhi oleh besarkeripik belut kecilnya belut, biasanya dengan ukuran yang lebih kecil itu lebih enak namun harganya juga sedikit lebih tinggi.
Pembuatan keripik belut sangat sederhana, belut segar dibersihkan kotorannyan kemudian digoreng sampai kering dengan dilumuri tepung dan bumbu sederhana.  Keripik belut bisa sebagai cemilan ataupun lauk karena mempunyai kandungan protein yang tinggi. Sentra keripik belut ini dapat anda jumpai di bagian depan Pasar Godean sekitar 15 km lurus ke arah Barat dari Tugu Yogyakarta.
How to get there :
  1. Dengan menggunakan bus umum arah Godean yang paling sering bus Prayogo yang melayani trayek tersebut.
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat
Lokasi terdekat : Ancol Bligo, Desa wisata jethak Sidoakur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar