Kamis, 17 April 2014

Sumur Jalatunda Dieng

SUMUR JALATUNDA DIENG - Secara Ilmiah, Proses terbentuknya Sumur besar berdiameter kurang lebih 90m dengan kedalaman lebih dari 200m ini dulunya adalah merupakan ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi air hingga terbentuk menjadi semacam sumur.

 

MITOS DAN LEGENDA SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Menurut Legenda (Dongeng) yang beredar di Masyarakat, Dulu, di wilayah sumur jalatunda Dieng  hiduplah seorang  Putri Berperangai Jahat yang konon gemar berpakaian serba Putih. Putri ini memuja Siluman Ular Setengah Dewa yang bersemayam di dimensi lain dimana Sumur Jalatunda adalah merupakan Penghubung atau Pintu Gerbang menuju Dunia Ular setengah Dewa tersebut.

Ular Setengah Dewa tersebut gemar meminta Tumbal kepada sang Putri. di sumur Jalatunda inilah Korban yang menjadi tumbal sang Putri untuk sang Ular setengah dewa ini ditenggelamkan.

Mitos lain seputar Sumur Jalatunda, Konon Barang siapa yang bisa melempar kerikil dari seberang sumur mencapai seberang yang berlawanan maka doa dan harapannya bisa terkabul. Itulah mengapa jika anda berkunjung ke Sumur Jalatunda anda akan mendapati Penjual Batu Kerikil dimana para wisatawan bisa membeli batu tersebut untuk mencoba peruntungan melempar Batu di Sumur Jalatunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar